Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat STIKES Sarana Sistem Informasi Kesehatan: Tips Mengatasi Pilek dan Tips Pencegahannya
Custom Search

Rabu, 19 Desember 2012

Tips Mengatasi Pilek dan Tips Pencegahannya


Flu atau pilek adalah penyakit yang tak mengenal waktu dan usia, seperti musim hujan, musim kemarau, kakek, dan bayipun bisa terkena flu / pilek. Hal yang paling membuat jengkel ketika terkena pilek adalah hidung tersumbat, bersin-bersin, ingus yang keluar dan biasanya juga disertai dengan batuk. Flu dan pilek diakibatkan oleh virus yang terbawa dan masuk kedalam tubuh kita, dan waktu yang paling umum terjadi flu atau pilek adalah ketika pergantian musim lantaran daya tahan tubuh kita belum bisa menyesuaikan dengan kondisi alam saat itu. Bisa juga flu / pilek diakibatkan karena sebab awal alergi yang kemudian menyebabkan daya tahan tubuh berkurang, seperti alergi debu dan serbuk sari.

Nah, untuk mengobati pilek, kali ini kita akan membahas tips-tips mengatasi flu / pilek secara alami serta tips pencegahannya. berikut ini:

Mandi Air Hangat
Cara ini memang biasa kita lakukan dan sudah menjadi kebiasaan ketika sedang mengalami flu / pilek lantaran jika menggunakan air dingin malah memperparah penyakit tersebut. Mandilah menggunakan air hangat 2 kali sehari, yaitu ketika pagi hari dan sore hari.

Kaldu Ayam
Ini juga merupakan cara lama yang sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Buatlah sup menggunakan kaldu ayam, wortel, kentang, bawang merah, dan seledri. Dan makanlah sup tersebut selagi masih panas agar dapat membuat khasiat sup bekerja, yaitu mengurangi pengeluaran lendir (ingus) dari hidung segera berhenti.

Air Garam
Cara ini juga sangat efektif mengatasi flu / pilek dan sudah banyak orang telah mencobanya. Caranya, campurkan garam 1 sendok makan kedalam air hangat, dan larutkan garam tersebut. Kemudian kumur-kumur dengan air garam tersebut, dianjurkan untuk berkumur-kumur dengan ramuan tersebut 3 kali sehari.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis kaya dengan vitamin C yang dapat membuat imun tubuh dapat kembali normal dan jug bisa mengatasi flu / pilek. Caranya, 1 sendok perasan jeruk nipis lalu campurkan dengan satu gelas air serta sedikit gula/ boleh dengan kecap, aduk sampai gula tersebut larut. Kemudian minum air tersebut sampai habis, dianjurkan untuk meminum ramuan tersebut 2 kali sehari.

Ramuan Rempah
Gunakan rempah-rempah yang bersifat mengahangatkan tubuh dan wangi, seperti jahe, serai, mint, dan cengkeh ataupun lainnya, tapi ingat jangan menggunakan rempah yang bersifat pedas seperti lada dan cabe. Caranya, gunakan rempah-rempah tersebut yang terdapat di dapur anda, lalu rebus rempah tersebut. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari. Ramuan tersebut juga dapat melegakan hidung mampet serta tenggorokan yang sakit saat mendirita flu.

Madu
Hampir sama khasiatnya seperti jeruk nipis karena kaya akan vitamin C. Minumlah madu 1 sendok teh 3 kali sehari agar dapat mengobati flu / pilek anda.

Bawang Putih Mentah
Ini mungkin bisa menjadi pilihan terakhir anda, karena memang aroma bawang putih sangat tak sedap apalagi dimakan secara mentah. Caranya, haluskan 1  siung bawang putih, konsumsi bawang putih tersebut sehari sekali.

Nah, setelah flu / pilek anda sembuh, anda juga haru menghindarinya kembali. Berikut tips menghindari flu / pilek:

Istirahat yang Cukup
Salah satu hal yang banyak membuat orang terkena flu adalah karena istirahat yang tak seimbang, hal ini membuat daya tahan tubuh anda berkurang. Tidurlah 8 jam sehari agar membuat tubuh anda kembali normal setelah beraktifitas seharian.

Perbanyak Minum
Kekurangan cairan juga salah satu hal yang membuat anda terkena flu. Maka perbanyaklah minum anda, untuk orang dewasa biasanya 8 gelas perhari.

Hindari Orang yang Terkena Flu
Cara yang tepat adalah dengan menggunakan masker, agar anda dapat tetap berkomunikasi dengannya dan flu pun bebas dari anda.

Vitamin C
Karena vitamin C adalah yang menjaga imun tubuh tetap normal. Maka konsumsilah vitamin C setiap hari. Tak harus mengkonsumsi vitamin C dari apotik, anda juga dapat mengkonsu makanan yang mengandung vitamin C seperti madu sebagai pengganti vitamin C tablet.

Olahraga
Olahraga juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh anda dan membuat tubuh tetap bugar. Minimal anda berolahraga 1 minggu sekali, kemudian lakukan sampai 3 kali seminggu.
Semoga bermanfaat ya..
disarikan dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...