Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat STIKES Sarana Sistem Informasi Kesehatan: Teori Keperawatan
Custom Search

Rabu, 17 Agustus 2011

Teori Keperawatan

by Udin
1.3 Teori keperawatan adalah :
• Menurut Sevens (1984) teori keperawatan merupakan suatu teori yang menguraikan dan menjelaskan berbagai fenomena dalam keperawatan. Teori keperawatan berperan dalam membedakan keperawatan dengang disiplin ilmu lain dan bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, memperkirakan dan mengontrol hasil asuhan atau pelayanan keperawatan yang telah dilakukan.
• Teori keperawatan merupakan suatu teori yang mengkontruksi dan mengorganisasi beberapa fenomena dalam keperawatan (Barnum, Barbara J. Steven; 1994)
• Teori keperawatan adalah :
o Teori yang disusun untuk menjelaskan fenomena yag terjadi secara sistematik
o Medol kopseptual yang dibuat atas dasar konsep dan fenomena permasalahan dalam keperawatan
o Kompulan fenomena yang tidak bisa diobservasi dan harus disimpulkan
o Konsep pemikiran individu tentang fenomena yang terjadi
o Pernyataan permasalahan yang berhubungan dengan konsep yang lainya

• Teori keperawatan merupakan Stuktur konseptual yang hampir abstrak dengan model keperawatan, namun disini teori keperawatan lebih bertujuan untuk memberikan solusi dari permalahan keperawatn yang muncul serta memberikan gambaran aplikasi tentang penerapan atau aplikasi praktek dalam keperawatan. http://nsq.sagebook.publikasi.com/csy/contenst/short/15/1/51 diunduh jam 10.28 24/2/2010 osage journal online.
• Menurut Chinn and Jacob (1983) teori keperawatan merupakan sekumpulan konsep, definisi dan persoalan yang disusun secara sistematis untuk melihat fenomena dengan menyusun secara spesifik adanya hubungan anatara konsep.
• Sehingga dapat disimpulkan teori keperawatan adalah :
“ Teori keperawatan merupakan sekumpulan konsep, definisi, dan solusi yang disusun secara sistematis untuk bisa menjelaskan fenomena yang terjadi dalam keperawatan serta memberikan gambaran tentang aplikasi dalam praktek keperawatan sehingga dengan demikian akan mampu membedakan keperawatan dengang disiplin ilmu lain yang pada akhirnya dengan teori keperawatan ini seorang perawat akan mampu untuk menggambarkan, menjelaskan, memperkirakan dan mengontrol hasil asuhan atau pelayanan keperawatan yang telah dilakukan kepada klien”,

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...