Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat STIKES Sarana Sistem Informasi Kesehatan: Small Group Discussion
Custom Search

Kamis, 18 Agustus 2011

Small Group Discussion

Small Group Discussion

by udin
A. Definisi
Small group discussion adalah diskusi kelompok kecil yang terdiri dari 10-11 mahasiswa dengan didampingi oleh tutor. Dalam diskusi ini mahasiswa-mahasiswa tersebut diberi tugas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah diberikan dalam waktu tertentu. Pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab akan dibawa ke kuliah narasumber, tetapi apabila tidak ada pertanyaan dari mahasiswa maka kuliah narasumber ditiadakan.

B. Manfaat
a. Tugas dapat diselesaikan dengan mudah karena dikerjakan secara bersama-sama.
b. Dengan adanya diskusi maka berbagai pendapat yang disampaikan oleh anggota kelompok dapat menambah pengetahuan seluruh anggota kelompok.
c. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah diberikan maka mahasiswa terbantu untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajari serta terbantu untuk membuat ringkasan sehingga mempermudah belajar.
d. Membantu mahasiswa dapat mencapai learning objectives.

C. Tujuan
a. Melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.
b. Melatih mahasiswa untuk mencapai metode pembelajaran students centred learning.
c. Menambah pengetahuan/informasi.
d. Saling membantu sesama anggota kelompok.

D. Isi
Small group discussion merupakan diskusi antar anggota dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan/tugas. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan tersebut merupakan pendalaman dari materi yang diberikan dalam mini lecture. Tugas tersebut juga dilengkapi dengan daftar pustaka yang dapat dijadikan literature (terdapat pada modul mata kuliah) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi. Diharapkan mahasiswa sudah menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut sebelumnya sehingga saat minilecture yang terjadi adalah diskusi antara mahasiswa dan dosen pengampu, kemudian hasilnya akan disampaikan pada anggota kelompok lainnya dalam small group discussion. Pertanyaan-pertanyaan dalam small group discussion akan dijadikan materi ujian Multiple Choice Questions.
E. Laporan
Laporan dalam small group discussion berisi jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Laporan tersebut ditulis dalam workbook,dan cukup 1 laporan untuk setiap kelompok. Daftar pustaka/referensi disertakan dan bukti dari referensi tersebut dimasukkan dalam lampiran. Laporan dijilid dengan cover berwarna hijau,dibuat 2 copy,salah satunya diberikan pada tim blok sebagai arsip, sedangkan copy lainnya diberikan pada tutor untuk dinilai.
Format :
a. Halaman judul, logo UNSOED disertai nama-nama anggota kelompok beserta nomor induk mahasiswa dan nama kelompoknya.
b. Bab 1 : Laporan Small Group Discussion I
Waktu,tanggal :
Nama tutor :
Pertanyaan-pertanyaan :
Jawaban-jawaban :
Daftar pustaka
Catatan : untuk daftar pustaka minimal harus ada : textbook,jurnal ilmiah,artikel ilmiah dan bukti-bukti daftar pustaka tersebut dimasukkan dalam lampiran.
F. Penilaian
Komponen penilaian SGD adalah 15 %,terdiri dari diskusi yang dinilai dengan borang yang sama untuk penilaian diskusi oleh blok-blok lainnya (10 %), sikap (2,5 %) dan laporan SGD (2,5 %). Baik diskusi maupun laporan dinilai oleh tutor yang sama. Laporan SGD dikumpulkan maksimal 2 hari setelah SGD.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...