Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat STIKES Sarana Sistem Informasi Kesehatan: Bagaimana mengembangkan komitmen ke Islaman dan Ke Muhammadiyahan pada Civitas Akademika???
Custom Search

Senin, 22 Agustus 2011

Bagaimana mengembangkan komitmen ke Islaman dan Ke Muhammadiyahan pada Civitas Akademika???

Tujuan Stikes Muhammadiyah Gombong adalah: “Mewujudkan sarjana keperawatan yang Islami, bermutu dan siap bersaing di era Global.” Memahami tujuan dari Stikes Muhammadiyah Gombong ini, maka outcomes yang harapkan adalah terwujudnya sumber daya manusia masa depan yang memiliki kedalaman spiritual islami dengan karakter soft skill disiplin, berkomunikasi dengan menggunakan etika Islami, cerdas, argumentatif, disiplin, inovatif mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi yang ada pada saat sekarang dan yang akan datang dengan baik. Bentuk ini termanisfestasikan dalam bentuk kesalehan individu, kesalehan sosial, memiliki visi yang jelas, wawasan dan pengetahuan luas (broad knowledge). Berangkat dari tujuan Stikes Muhammadiyah Gombong di atas, maka pendidikan dan pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) merupakan suatu hal yang harus dilaksanakan.

Pendidikan AIK pada dasarnya diarahkan untuk membantu sivitas akademika dalam mempelajari, menghayati dan mengaplikasikan ajaran Islam sesuai dengan tingkat dan kadar pengetahuan keislaman mereka masing-masing. Karena itu, pendidikan AIK diharapkan dapat (1) Memberikan kerangka bagi sivitas akademika dalam mengembangkan wacana keilmuan, (2) memberikan kerangka moral dan karakater bagi perilaku kehidupan mereka sehari-hari, (3) memberikan dasar-dasar keterampilan keagamaan sebagai modal utama untuk melaksanakan dakwah di masyarakat.

Pendidikan AIK di Stikes Muhammadiyah Gombong tidak bisa berdiri sendiri melainkan terintegrasi dalam proses pembelajaran mata kuliah lain, sehingga diharapkan nilai-nilai tersebut akan melebur menjadi satu dalam kontekstual kehidupan kampus, dengan demikian civitas akademika akan siap dengan seiring proses berjalannya waktu pembelajaran sampai lulus dan mendapatkan nilai tambah ketika hidup bermasyarakat.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...