Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat STIKES Sarana Sistem Informasi Kesehatan: Implikasi Penerapan Kurikulum berbasis Kompetensi
Custom Search

Rabu, 22 Juni 2011

Implikasi Penerapan Kurikulum berbasis Kompetensi

Implikasi penerapan kurikulum berbasis kompetensi :
a. Kepada Guru dan Dosen
Guru harus mampu membimbing siswa/mahasiswa untuk menerapkan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi ini dengan selalu melibatkan siswa/mahasiswa dalam proses belajar mengajar dikelas, sehingga siswa/mahasiswa aktif dalam proses pembelajaran. Didalam mengajar guru/dosen juga harus memilih metode sesuai dengan tingkat kesulitan materi dan tingkat pemahaman peserta didiknyanya. Sehingga siswa/mahasiswa akan lebih mudah dalam menguasai materi yang disampaikan oleh guru/dosen. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa/mahasiswa, guru/dosen melakukan hal sebagai berikut:
1. guru/dosen mampu mengkombinasikan metode – metode mengajar yang ada sehingga siswa tidak bosan dengan cara mengajar guru/dosen .
2. guru/dosen selalu transparan dalam memberikan nilai.
3. guru/dosen sering memanfaatkan multimedia dalam proses belajar mengajar.
4. Dalam menyampaikan materi guru/dosen tidak tergesa – gesa.

b. Kepada siswa/mahasiswa.
1. siswa/mahasiswa harus selalu aktif dalam proses belajar mengajar, karena dalam pe-laksanaan kurikulum berbasis kompetensi guru/dosen hanya membimbing dan mengarahkan siswa/mahasiswa.
2. siswa/mahasiswa harus mempersiapkan materi pelajaran sebelum guru/dosen mengajarkan pelajaran tersebut, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih lancar.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...