Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat STIKES Sarana Sistem Informasi Kesehatan: Praktek Klinik Keperawatan
Custom Search

Senin, 25 Februari 2013

Praktek Klinik Keperawatan

Praktek Klinik keperawatan adalah salah satu cara untuk pengembangan dan pengendalian mutu keperawatan dengan cara mengembangkan lahan praktek keperawatan. Pengembangan lahan praktek disertai pembinaan masyarakat profesional keperawatan untuk melaksanakan pengalaman belajar di lapangan dengan benar bagi peserta didik.  Proses praktek klinik keperawatan di lapangan (rumah sakit, klinik, masyarakat) memerlukan kesiapan dari pengelola, peserta didik melalui tahapan proses pembelajaran. 


Tahapan proses pembelajaran dapat diurutkan sebagai berikut: pendahuluan, proses belajar, dan evaluasi. Tahapan pendahuluan dari proses belajar ini diperlukan kesiapan diantaranya melalui penyusunan kontrak belajar. Kontrak belajar bagi peserta didik untuk menyusun rencana kegiatanya sendiri sehingga dapat dipetakan kompetensi yang akan dicapai. Kontrak belajar (download contoh kontrak belajar) ddigunakan oleh peserta didik dan pembimbing klinik dalam mengelola pelayanan keperawatan secara benar dan terarah.

Pengelolaan pelayanan keperawatan yang diberikan dengan tahapan yang jelas, dapat memberikan suatu peran terhadap perubahan sikap dan keterampilan profesional yang benar dengan melalui pengalaman belajar klinik yang diselenggarakan dengan benar dalam tatanan pelayanan keperawatan profesional.  Lingkungan yang kondusif akan sangat membantu tumbuhnya sikap dan keterampilan profesional khususnya bagi perawat dan keterampilan profesional bagi para perawat. Di dalam pengelolaan pelayanan keperawatan diperlukan suatu pedoman belajar bagi peserta didik keperawatan (sebagai contoh download)


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...