RESUME KOMUNIKASI ORGANISASI
Sistem saluran komunikasi organisasi formal :
 Unit Komunikasi :
      Unit Komunikasi :·        Entitas berkelanjutan yangmampu berada dalam dua keadaan atau lebih. 
·        Keadaan dimana hubungan antara orang-orang.
·        Dalam jabatan (posisi).
·        Seseorang dalam jabatan → unit mendasar dalam komunikasi  organisasi.
 Proses komunikasi organisasi :
      Proses komunikasi organisasi :·        Komunikasi internal :
ü      Vertikal : pimpinan ke staff atau sebaliknya. Downward (dari pimpinan ke staff) ex : pimpinan memberikan perintah/informasi/penjelasan dan lain2.Upward (dari staff ke pimpinan ).ex: laporan,saran kritik,dan lain2
ü      Horizontal : mendatar antar anggota staff. Berlangsung tidak formal bisa menimbulkan rumor/gossip.
ü      Diagonal : biasa disebut cross comuniccation . komunikasi antara pimpinan seksi/kepala bagian dll.
·        Komunikasi Eksternal :
Komunikasi yang berlangsung dari  organisasi kepada khalayak umum,bersifat informatif. Menggunakan perantara seperti : majalah, media, surat  kabar, brosur, konferensi pers, poster, dll.
Setiap staff , seharusnya :
-           Relation ship oriented           Networking : Sinergi, semangat kerja.
Relation ship oriented           Networking : Sinergi, semangat kerja.
 Relation ship oriented           Networking : Sinergi, semangat kerja.
Relation ship oriented           Networking : Sinergi, semangat kerja.-           Servise Forushed         Berfikir pada pelayanan.
Servise Forushed         Berfikir pada pelayanan.
 Servise Forushed         Berfikir pada pelayanan.
Servise Forushed         Berfikir pada pelayanan.-           Costumer commited          Komitmen pada pelanggan.
Costumer commited          Komitmen pada pelanggan.
 Costumer commited          Komitmen pada pelanggan.
Costumer commited          Komitmen pada pelanggan.-           Forward Thinking         Berfikir kedepan.
Forward Thinking         Berfikir kedepan.
 Forward Thinking         Berfikir kedepan.
Forward Thinking         Berfikir kedepan.-          Update Ilmu
-          Team Driven (Serba Team).
-          Fasilitatif (Sebagai Saluran/ pendukung).
-          Leader (mampu tampil sebagai pemimpin).
-          Faktor efektif komunikasi :
a.      Saluran komunikasi formal : Komunikasi efektif sulit dicapai dalam organisasi yang besar dan cabang-cabangnya menyebar.
b.      Struktur Organisasi : Perbedaan kekuasaan dan kedudukan.
c.       Spesialisasi jabatan : tujuan, waktu, gaya yang sama. Kelompok yang berbeda cenderung terhambat dalam nproses komunikas yang efektif.
d.      Pemilikan informasi : Kepala bidang keperawatan , kepala tata usaha, dll.
 
   
 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar