Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat STIKES Sarana Sistem Informasi Kesehatan: Bagaimana Aktifitas dalam komunikasi secara personal
Custom Search

Jumat, 23 Desember 2011

Bagaimana Aktifitas dalam komunikasi secara personal

Komunikasi bagi manusia sangat penting dilakukan. terlebih dalam sebuah event yang Anda bawakan. Komunikasi menjadi suatu solusi cara untuk  mengekspresikan keinginan dan Ide Anda. Aktifitas komunikasi dengan lingkungan sekitar Anda ada beberapa pola yang perlu dipelajari seperti saya contohkan disini.

Pola aktifitas komunikasi dalam keseharian dapat kita bedakan : 
Aktifitas personal.
1. Perilaku komunikasi yang berdampak mengembangkan
Mewujudkan perilaku ini perlu dicermati oleh Anda sebagai speaker. Anda bisa menanyakan kepada orang-orang disekitar Anda. Apakah komunikasi Anda sudah benar?. Saran dan pendapat dari teman selingkungan Anda akan memberikan koreksi, kontribusi, saran dan pandangan bahkan sampai ide yang tidak disangka untuk perbaikan. Anda juga dapat minta masukan dari orang tentang perilaku yang khas dari Anda lakukan dalam berkomunikasi. Hal ini penting untuk mengembangkan perilaku komunikasi diri. Anda juga patut berterima kasih kepada teman-teman Anda yang telah memberikan sumbangsih sehingga Anda lebih cakap dalam berkomunikasi.

2. Berkomunikasi dengan budaya lain

Anda bisa saja berkomunikasi dengan banyak orang, akan tetapi perlu diketahui bahwa bangsa kita banyak sekali ragam bahasa; suatu kali Anda bertemu dengan orang Sunda misal; "atos" dalam bahasa sunda berarti sudah, sedangkan dalam bahasa jawa atos sama dengan keras. Nah lo..., maka Anda perlu menanyakan latar belakang budaya seseorang ketika berkomunikasi dengan Anda. Salah ucap berarti masalah.. Perbedaan latar belakang budaya dan juga sikap komunikasi yang Anda ketahui ketika orang lain anda ajak berbicara, tentu dapat mengurangi persoalan yang dapat dicegah. Jika Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri, bagaimana yah ketika berkomunikasi dari latar belakang budaya yang berbeda?


3. Melihat perbaikan komunikasi
Perjalanan hidup Anda setiap hari tentu bertambah, meski secara umur sebenarnya berkurang. Pengalaman dalam perjalanan hidup menjadi bekal Anda dalam berkomunikasi. Anda dapat mencatat dari hari ke hari, bulan ke bulan dan bahkan mungkin tahun -ke tahun. Apakah komunikasi Anda semakin baik?.. Jika belum belajarlah.. belajar menjadi komunikan yang positif. Ambil langkah pasti dan nilai bagaimana cara komunikasi Anda.. Anda bisa menilai.. apakah anda tegas. lemah lembut, masih takut-takut? Apakah komunikasi Anda juga telah merubah dalam kehidupan Anda..? 

Selamat Belajar..

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...