Apa yang dimaksud dengan hasil pembelajaran? Pikirkan sejenak tentang kursus atau sesi pelatihan dimana Anda
saat ini pernah terlibat. Identifikasi satu keterampilan yang menurut Anda akan
menjadi penting untuk diketahui atau dikerjakan pada akhir periode pembelajaran.
Jika Anda mampu melakukan ini, maka Anda mulai membangun hasil belajar. Definisi hasil belajar hasil pembelajaran adalah pernyataan yang menggambarkan
pembelajaran yang signifikan dan penting bahwa peserta didik telah dicapai, dan
dipercaya bisa menunjukkan pada akhir kursus atau program. Dengan kata lain, hasil belajar mengidentifikasi
apa yang pelajar akan tahu dan dapat melakukan pada akhir kursus atau program.
Spady,
(1994), seorang peneliti pendidikan yang mempelopori pengembangan pendidikan
berdasarkan hasil, menunjukkan bahwa kemampuan menunjukkan belajar adalah titik
kunci. Ini demonstrasi pembelajaran melibatkan kinerja dari beberapa jenis
untuk menunjukkan pembelajaran yang signifikan, atau belajar yang penting. Dia
mengklaim bahwa konten yang signifikan adalah penting, tetapi bahwa konten saja
tidak cukup sebagai hasil. Sebaliknya, pengetahuan tentang konten harus
diwujudkan melalui proses demonstrasi dari beberapa jenis.
Sebuah pernyataan
hasil yang menggabungkan pengetahuan ini dalam demonstrasi kinerja dapat
meliputi:
• Pelajar telah menunjukkan
kemampuan untuk melakukan perbaikan mesin pada berbagai mobil.
Dalam pernyataan di atas,
kemampuan untuk melakukan perbaikan mesin menyiratkan bahwa orang yang memiliki
pengetahuan yang diperlukan untuk melakukannya. Laporan kinerja termasuk keterampilan
berpikir tingkat yang lebih tinggi serta keterampilan psikomotor. Perhatikan
pernyataan hasil belajar berikut:
Pelajar akan menunjukkan
kemampuan untuk menganalisis mesin dan membuat keputusan mengenai perbaikan
yang diperlukan untuk berbagai mobil. Spady, juga membahas pengaturan konteks
atau kinerja di mana demonstrasi kinerja terjadi. Dia menyarankan berbagai
konteks kinerja dari bahwa demonstrasi kelas belajar bagi mereka yang
melibatkan hidup sukses dalam masyarakat yang lebih luas.
Dengan demikian,
hasil tertinggi tingkat dapat dilihat dari keterampilan umum seperti persiapan
peserta didik untuk menjadi pemecah masalah, perencana, pencipta, pelajar dan
pemikir, komunikator dll, terlepas dari bidang studi dipelajari. Hasil
pembelajaran mengacu diamati dan terukur,: pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Contoh laporan hasil belajar Para
mahasiswa yang sukses telah andal menunjukkan kemampuan untuk:
- Memberi obat sesuai dengan pedoman pemberian obat.
- Membuat keputusan harga dengan menggunakan biaya relevan dan faktor profitabilitas.
Karakteristik Belajar Laporan
Hasil
Hasil pembelajaran harus:
• mencerminkan pengetahuan
konseptual yang luas dan keterampilan kejuruan dan generik adaptif
• mencerminkan pengetahuan yang
esensial, keterampilan atau sikap;
• berfokus pada hasil dari
pengalaman belajar;
• mencerminkan akhir yang
diinginkan dari pengalaman belajar, bukan sarana atau proses;
• mewakili kinerja minimum yang
harus dicapai untuk berhasil menyelesaikan kursus atau program;
• menjawab pertanyaan,
"Mengapa mahasiswa mengambil kursus ini?"Hasil pembelajaran
pernyataan dapat dianggap sebagai perilaku
keluar.________________________________________
Latar Belakang dan Konteks
Pengembangan Hasil BelajarAnda mungkin telah melihat laporan hasil belajar pada
garis besar kursus berbagai perguruan tinggi, termasuk kursus ini. Atau, Anda
mungkin telah melihat laporan hasil belajar yang mencerminkan tingkat anak-anak
Anda diharapkan pembelajaran pada tingkat kelas tertentu. Hasil pembelajaran
mencerminkan gerakan menuju hasil pembelajaran berdasarkan (OBL) di dasar,
menengah, dan posting sistem pendidikan sekunder seluruh Amerika Utara, dan
seterusnya. Gerakan ini, pada gilirannya, dipengaruhi oleh tekanan publik untuk
menjamin akuntabilitas yang lebih besar dan konsistensi dalam sistem
pendidikan. Melalui pembuatan laporan hasil, dan evaluasi kinerja peserta didik
dalam hubungannya dengan laporan keuangan tersebut, diyakini oleh beberapa
bahwa sistem pendidikan lebih akuntabel akan terjadi. Karena belajar fokus
hasil pada hasil akhir belajar, terlepas dari bagaimana atau di mana
pembelajaran yang terjadi, perkembangan mereka berfungsi untuk menawarkan
potensi untuk peningkatan akses kesempatan belajar melalui penilaian belajar
sebelumnya.
Hasil pendidikan berbasis
diperkirakan memberikan lebih besar:
* Konsistensi - dalam penawaran
saja di seluruh sistem pendidikan
* Akuntabilitas - harapan untuk
pembelajaran secara jelas dinyatakan, dan proses penilaian sering membantu baik
guru dan siswa mengidentifikasi kemajuan mencapai hasil
* Aksesibilitas - hasil yang
jelas memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan pencapaian hasil melalui
orang-orang sebelum proses penilaian pembelajaran.
Pengaruh globalPada tahun 1990,
ekonomi global dan persyaratan tempat kerja bergeser ke arah berbasis luas,
keterampilan dipindahtangankan. Misalnya, Dewan Konferensi Kanada daftar
keterampilan berikut sebagai penting bagi tempat kerja:
• Kemampuan untuk bekerja dalam
tim
• Komunikasi efektif
• kemampuan untuk memecahkan
masalah
Pengaruh Lokal Sebuah kajian
komprehensif mandat dari sistem perguruan tinggi Ontario pada awal 1990 di
rekomendasikan standar program dikembangkan sebagai cara untuk memastikan
pemrograman kualitas yang lebih baik. Penciptaan standar program juga dilihat
sebagai cara yang memungkinkan peserta didik untuk menerima pengakuan atas
pembelajaran sebelumnya ketika mentransfer dari satu program kuliah yang lain.
(Visi 2000, 1992) Sebagai konsekuensi dari keputusan ini, tubuh yang disebut Standar
College dan Komite Akreditasi (CSAC) didirikan untuk menjamin standar dan
konsistensi di perguruan tinggi di seluruh provinsi. Badan ini diberi wewenang
untuk menyetujui standar program yang program hasil belajar untuk semua program
perguruan tinggi diploma kejuruan. (Diploma program kuliah tiga tahun
panjangnya). Lebih lanjut mengembangkan seperangkat standar keterampilan
generik atau hasil yang semua lulusan perguruan tinggi dari program diploma
diharapkan untuk mendemonstrasikan setelah lulus. Perguruan tinggi individu
diberi tanggung jawab untuk membangun Hasil Belajar untuk program Pendidikan
Umum, dan untuk kursus dalam program perguruan tinggi.
Kuliah Konteks Dalam sistem
perguruan tinggi, hasil pembelajaran ditulis pada:
• PROGRAM tingkat
• KURSUS tingkat BELAJAR HASIL
dalam sistem perguruan tinggi dapat mengekspresikan
• Keterampilan Kejuruan
• Keterampilan Generik
• Pendidikan Umum
Pedoman Penulisan Hasil Belajar
Kursus Hasil Belajar ditulis pada program harus:
Harapan negara • jelas - peserta
didik tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menunjukkan bahwa mereka telah
mencapai hasil pembelajaran;
• memuncak mewakili kinerja
pembelajaran dan prestasi; (artinya tahap tertinggi perkembangan, atau keluar,
akhir kinerja);
• menggambarkan kinerja yang
signifikan, penting, dan dapat diverifikasi;(Berarti bahwa pertunjukan dapat
diverifikasi atau diamati dalam beberapa cara dan bahwa mereka mewakili lebih
dari satu aspek kecil dari perilaku, ini juga berarti bahwa kinerja dianggap
penting untuk berhasil di kursus)
• sebaiknya menyatakan hanya SATU
kinerja per hasil;
• mengacu pada pembelajaran yang
dapat dialihkan;(Berarti bahwa pembelajaran dengan mudah dapat ditransfer dari
kelas untuk lingkungan tempat kerja, atau dari satu lingkungan tempat kerja
yang lain, dll)
• tidak mendikte isi
kurikulum;(Berarti bahwa mungkin ada sejumlah cara yang berbeda untuk mencapai
hasilnya.)
• mencerminkan prinsip-prinsip
utama dari ekuitas dan keadilan dan mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang
beragam.
• mewakili tingkat yang dapat diterima
minimal kinerja bahwa seorang siswa perlu menunjukkan agar dapat dianggap
berhasil.
(Sumber:. Pedoman Pengembangan
Standar Prestasi melalui Hasil Belajar, 1994 Standar College dan Komite
Akreditasi)
1 komentar:
yang baru seperti apa?
Posting Komentar