Selamat Datang dan Semoga Bermanfaat STIKES Sarana Sistem Informasi Kesehatan
Custom Search

Kamis, 12 November 2009


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong bekerja sama dengan RSUD Kebumen menggelar pelatihan Menajemen Bangsal Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) bagi tenaga perawat rumah sakit tersebut.


Kegiatan tersebut digelar selama dua hari di kampus STIKes Muhammadiyah Gombong. Dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Kebumen Ana Ratnawati, SKM, M.Si, pelatihan itu mengadirkan sejumlah pemateri. Pada hari pertama tampil narasumber Koordiantor Bidang Diklit Keperawatan RSUD Kebumen, Saptono Susilo, S.Kep,Ns menyampaikan materi tentang Manajemen Realitas aplikasi di RSUD Kebumen dan struktur organisasi rumah sakit dan perawatan.

Pemateri lain, Ketua STIKEs Muhammadiyah Gombong H.Basirun Al Ummah, M.Kes menyampaikan materi indicator mutu pelayanan dan masalah yang timbul dan analisis ruang perawatan. Kemudian materi tentang manajemen Model Praktik Keperawatan disampaikan oleh perwakilan dari RS Margono Soekarjo Arikh Ratna, S.Kep,Ns dan dosen STIKes Safrudin Agus Nursalim, S.Kep, Ns.



Pada hari kedua, para peserta yang terdiri dari kepala seksi dan coordinator bidang keperawatan, kepala dan wakil kepala ruang, klinik instruktur keperawatan, ketua tim pelayanan keperawatan dan pelaksana keperawatan di RSUD tersebut, memperoleh materi meliputi strategi menyusun perencanaan ruang perawatan berbasis aktivitas, audit internal yang disampaikan oleh H. Basirun Al Ummah, M.Kes.

Kemudian materi mengenai komunikasi dan koordinasi dan system informasi ruang perawatan (internal manajemen) serta materi pelayanan prima keperawatan disampaikan oleh Pembantu Ketua II STIKes Muhamamdiyah Gombong, H.Giyatmo,S.Kep,Ns.

Dalam pembukaan Koordinator Diklit Keprawatan RSUD Kebumen, Saptono Susilo,S.Kep,Ns menyampaikan bahwa tujuan pelatihan itu antara lain agar peserta memahami konsep dan teori system pelayanan keperawatan yang efektif dan efisien. Juga memahami konsep dan teori system pelayanan di ruang keperawatan MPKP, mampu menganalisis masalah pelayanan keperawatan dengan model SWOT dan RCA serta mampu menyusun rencan pengembangan pelayanan di ruang perawatan berdasarkan sasaran mutu.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...