Penilaian terhadap Ketrampilan Diri Dalam Mengelola Suatu Pekerjaan
Untuk mengetahui profil kompetensi ketrampilan anda, berikan tanggapan anda terhadap pernyataan-pernyataan berikut ini menggunakan skala penilaian yang tersedia.  Berikan penilaian terhadap diri anda seperti apa adanya, bukan memberi penilaian seperti apa yang anda inginkan. Kalau saat ini anda tidak sedang terlibat dalam kegiatan tertentu, berikan respon anda sesuai dengan apa yang mungkin anda lakukan berdasarkan pengalaman anda dalam melakukan kegiatan yang serupa. Mohon bersikap realistis; instrumen ini dirancang untuk membantu anda agar lebih mengetahui apa kebutuhan spesifik anda.
| Item penilaian | Sangat setuju | Netral | Sangat tidak setuju | AREAS FOR IMPROVEMENT | 
| PENGETAHUAN TTG DIRI SENDIRI | ||||
| Saya   berusaha mendapatkan informasi tentang kekuatan dan kelemahan saya dari orang   lain. | ||||
| Guna   meningkatkan diri, saya bersedia berbagi keyakinan, pengetahuan dan pemahaman   serta perasaan saya dengan orang lain. | ||||
| Saya   tahu betul  cara yang saya sukai dalam   mengumpulkan informasi dan mengambil keputusan. | ||||
| Saya  tahu bagaimana cara mengatasi situasi yang   membingungkan dan penuh ketidak pastian  | ||||
| Saya   memiliki kemampuan dan prinsip pribadi yang cukup matang yang menjadi dasar   prilaku saya. | ||||
| Saya selalu melakukan upaya lebih besar dan   memiliki inisiatif yang lebih daripada yang diharapkan dalam pekerjaan saya.  | ||||
| Saya terus menerus meningkatkan ketrampilan   dan pengetahuan saya. | ||||
| Saya berteman dengan siapa saja tanpa   memandang tingkatan di tempat pekerjaan. | ||||
| Dalam pekerjaan, saya secara konsisten   berusaha mengembangkan gagasan-gagasan baru, berinisiatif melakukan kegiatan   baru, dan meminimalkan tugas-tugas rutin. | ||||
| PENGELOLAAN WAKTU/STRESS | ||||
| Saya menerapkan metode pengelolaan waktu yang efektif, misalnya:   membagi waktu sebaik-baiknya, membuat daftar apa yang harus saya kerjakan dan   menentukan prioritas tugas yang saya kerjakan. | ||||
| Saya hampir selalu menaati prioritas yang sudah saya tentukan,   sehingga hal-hal yang kurang penting tidak sampai mengagalkan hal-hal yang   lebih penting yang harus saya kerjakan . | ||||
| Secara   teratur saya melakukan olah raga untuk kebugaran. | ||||
| Saya   selalu terbuka kepada orang yang saya percayai dan dapat menjadi tempat saya   menceriterakan kegelisahan –kegelisahan/rasa frustrasi saya. | ||||
| Saya   tahu dan melakukan berbagai teknik relaksasi sementara seperti mengambil   nafas dalam dan melemaskan otot. | ||||
| Saya   berusaha mendefinisikan masalah dengan cara lain sebagai kesempatan untuk   peningkatan diri. | ||||
| PEMECAHAN MASALAH | AREAS FOR IMPROVEMENT | |||
| Saya   selalu berusaha menguraikan suatu masalah dengan jelas dan terbuka. | ||||
| Saya   selalu berusaha mendapatkan lebih dari satu cara untuk memecahkan suatu masalah. | ||||
| Saya   selalu membuat langkah-langkah yang jelas dalam pemecahan masalah: merumuskan   definisi masalahnya; mencari alternatif pemecahannya; menemukan cara   pemecahannya. | ||||
| Saya mencoba untuk fleksibel dalam mengadakan pendekatan terhadap   suatu masalah; saya tidak mengandalkan pengetahuan/pengalaman yang sudah saya   alami saja atau mengikuti praktek/kebiasaan yang telah lalu. | ||||
| Saya berusaha membebaskan pikiran saya   dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hakikat suatu masalah. | ||||
| Seringkali saya menggunakan metafora atau analogi untuk membantu   menganalisis dan menemukan seperti apa lagi masalah tersebut.  | ||||
| Saya tidak mengevaluasi manfaat setiap alternatif pemecahan   masalah sebelum saya menemukan berbagai alternatif. | ||||
| Saya berusaha memastikan bahwa selalu ada perbedaan   sudut pandang dalam upaya pemecahan suatu masalah dalam kelompok. | ||||
| Saya   mencoba memperoleh informasi tentang apa yang disukai dan diharapkan oleh   teman-teman lain.  | ||||
| Saya   menghargai mereka yang mengembangkan gagasan, mereka yang mendukung  gagasan orang lain dan mereka yang   menyediakan sumber daya untuk dapat melaksanakannya. | ||||
| PENILAIAN TERHADAP KINERJA | AREAS FOR IMPROVEMENT | |||
| Saya   membantu orang lain untuk menyadari dan menyebutkan masalah mereka sendiri   pada waktu melakukan konseling. | ||||
| Saya mengetahui dengan jelas kapan saat yang tepat dan tidak tepat   untuk memberikan nasehat dan arahan kepada orang lain. | ||||
| Saya selalu memberikan umpan balik yang mengarah pada masalah dan   pemecahannya, bukan pada karakteristik pribadi. | ||||
| Umpan   balik yang saya berikan selalu bersifat spesifik dan menuju sasaran, tidak   umum dan mengambang. | ||||
| Dalam memberikan umpan balik negatif saya berusaha   mendeskripsikannya – yaitu: saya mendeskripsikan kejadiannya, akibat-akibatnya   dan perasaan saya terhadap kejadian itu secara obyektif. | ||||
| Saya   bertanggung jawab terhadap pernyataan dan    pandangan saya misalnya dengan mengatakan”Saya telah memutuskan…” dan   bukan “Mereka telah memutuskan …”  | ||||
| Saya   berusaha untuk fleksibel dan terbuka ketika mengemukakan pendapat saya   terhadap pendapat yang sangat bertentangan walaupun saya sangat tidak   menyetujui pendapat itu. | ||||
| Saya tidak memandang rendah mereka yang kemampuan atau   pengetahuannya lebih sedikit daripada saya. | ||||
| Saya tidak mendominasi percakapan dengan   orang lain. | ||||
| Saya   selalu menghindari penggunaan ancaman atau tuntutan untuk memaksakan kehendak   saya kepada orang lain. | ||||
| Saya selalu berusaha mengetahui apakah seseorang   memiliki sumber daya dan dukungan untuk dapat berhasil dalam pelaksanaan   suatu tugas. | ||||
| Saya memberikan berbagai jenis imbalan untuk merangsang kinerja yang   luar biasa. | ||||
| Saya membuat rancangan penugasan yang saya berikan untuk membuatnya   menarik dan menantang. | ||||
| Saya memastikan bahwa orang yang   telah melaksanakan tugasnya akan mendapatkan umpan balik tepat waktu dari   orang-orang yang terkait dengan tugas tersebut.  | ||||
| Saya selalu   membantu orang lain merumuskan tujuan kerja yang menantang, spesifik dan   berbatas waktu | ||||
| Hanya  sebagai usaha terakhir saya mau menugaskan   kembali atau melepaskan seseorang yang menunjukkan kinerja yang kurang   memuaskan. | ||||
| Saya secara konsisten mendisiplinkan mereka yang usahanya  berada dibawah harapan dan kemampuan. | ||||
| Saya memastikan bahwa orang-orang   merasa diperlakukan adil dan setara. | ||||
| Saya memberikan pujian langsung atau bentuk-bentuk penghargaan  lain untuk prestasi-prestasi yang bermakna. | ||||
| Saya menghindari untuk membuat tuduhan pribadi dan memberikan alasan   atas kepentingan diri sendiri kepada orang lain. | ||||
| Saya mendorong terjadinya interaksi dua arah dengan meminta responden   untuk mengemukakan pandangan pribadinya dan mengajukan pertanyaan. | ||||
| Saya   mengajukan  permintaan yang spesifik,   merincikan pilihan yang lebih dapat diterima  | ||||
| Saya memberikan  perhatian dan   minat yang sungguh-sungguh, walaupun saya merasa tidak setuju. | ||||
| Saya mencari informasi tambahan dengan mengajukan petanyaan yang   memberikan informasi spesifik dan deskriptif  | ||||
| Saya meminta pendapat orang lain untuk menyarankan perilaku-perilaku   yang lebih dapat diterima  | ||||
| Saya tidak memihak tetapi tetap   netral  | ||||
| Saya membantu kelompok/berbagai pihak untuk membuat   alternatif-alternatif lain.  | ||||
| Saya membantu kelompok/berbagai pihak menemukan bidang-bidang yang   dapat disepakati. | ||||
| Saya menolak untuk melakukan tawar menawar dengan   individu yang menggunakan taktik-taktik negosiasi dengan melakukan tekanan. | ||||
| KERJASAMA TIM | AREAS FOR IMPROVEMENT | |||
| Saya membatu orang-orang merasa kompeten dalam pekerjaan mereka dengan   mengakui serta merayakan keberhasilan mereka  | ||||
| Saya memberikan umpan balik secara   teratur dan dukungan  yang diperlukan  | ||||
| Saya mencoba memberikan semua informasi yang diperlukan orang lain   untuk menyelesaian tugas mereka. | ||||
| Saya memberikan perhatian pribadi kepada setiap orang yang berurusan   dengan saya. | ||||
| Saya menetapkan dengan jelas hasil-hasil yang saya inginkan. | ||||
| Saya menetapkan dengan jelas tingkat inisiatif yang saya inginkan   dari orang lain (misalnya, menunggu arahan, menyelesaikan sebagian tugas dan   membuat laporan, mengerjakan seluruh tugas dan memberikan laporan, dan   seterusnya) | ||||
| Saya   mengundang partisipasi mereka  yang   terlibat dalam  tugas untuk menentukan   waktu dan cara  mengerjakan tugas yang   diberikan. | ||||
| Pada saat terjadi masalah, saya minta mereka mengajukan   rekomendasi pemecahannya, tidak hanya menunggu saran atau jawaban dari atas. | ||||
| Secara teratur saya menindak lanjuti dan memelihara akuntabilitas   tugas-tugas yang didelegasikan. | ||||
| Saya membantu agar anggota tim   saling mempercayai  satu sama lain dan   juga mempercayai saya. | ||||
| Saya membantu anggota tim belajar memainkan peran yang membantu   penyelesaian tugas tim serta membangun hubungan interpersonal yang erat.  | ||||
| Saya mendorong adanya falsafah “win/win” di dalam tim- yaitu:   keberhasilan satu anggota tim berarti juga keberhasilan  seluruh anggota tim. | ||||
| Saya mendorong tim melakukan terobosan besar dengan melakukan   inovasi-inovasi dan juga peningkatan-peningkatan kecil  yang berkelanjutan. | ||||
| Untuk anggota tim yang sulit    diajak bekerja, saya berusaha menanganinya  secara efektif dengan  melakukan komunikasi yang suportif, menangani   suatu  konflik bersama-sama, dan   memberdayakan mereka. | 
| SUMMARY  | 
| AREAS OF STRENGTH | 
| AREAS FOR IMPROVEMENT | 
| PLAN FOR IMPROVEMENT: WHAT WILL I DO TO   IMPROVE? | 
 
   
 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar