Bimbingan Keperawatan, saat ini masih jauh dari harapan untuk sempurna bagi penciptaan generasi perawatan yang akan datang? mengapa demikian? sebagai contoh. Rumah sakit sebagai tempat praktek keperawatan masih melakukan yang berbeda-beda konsep, tidak apalah beda konsep.. ini kan menjadi citra yang kurang baik pada akhirnya. Persoalan ini hampir terjadi di sebagian besar rumah sakit yang ada di Indonesia, figur perawat pendidik masih belum banyak dan masih membawa nama akunya saat melakukan tranfer of knowledge, kurang mendasar pada kondisi saat ini dan tantangan yang akan datang. Pengalaman, peningkatan pengetahuan perawat perlu ditingkatkan supaya mutu layanan keperawatan bisa menjadi lebih baik.
Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu layanan keperawatan maka dalam proses bimbingan klinik keperawatanpun harus memahami bagaimana perawat pendidik bisa melakukan bimbingan belajar kepada yuniornya dengan baik. berikut sebagai curhatan saya sebagai tahapan bimbingan klinik:
1. Kontrak
Belajar
Kontrak belajar diawali pada hari pertama praktek
klinik, membuat kesepakatan jadwal dinas, jadwal bimbingan dan ujian
dengan pembimbing klinik dan lain sebagaiinya yang diperlukan diawal
2.
Fase Bimbingan
Mekanisme bimbingan ini akan dibagi menjadi 3
fase, yaitu : fase persiapan, fase pelaksanaan dan fase evaluasi. Pada setiap
fase tersebut pembimbing dan yunior, calon perawat diharuskan melakukan interaksi
sesuai fase tersebut.
Fase Bimbingan
|
Tugas pembimbing
|
Tugas Peserta Didik
|
Fase Persiapan
|
·
Memberikan informasi tentang klien yang meliputi :
diagnosis medis, nama, umur.
· Melakukan pre conference
· Mengevaluasi pemahaman mahasiswa ( responsi )
|
· Membuat laporan pendahuluan yang meliputi :
definisi penyakit/kelainan, patofisiologi, dan rencana perawatan
· Mengikuti pre conference
·
Menjelaskan informasi tentang klien yang berkaitan
dengan laporan pendahuluan
· Memahami laporan pendahuluan
· Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
pembimbing
·
Membuat persiapan perkenalan dengan klien
|
Fase
Pelaksanaan
|
· Mengobservasi mahasiswa
· Memberikan umpan balik
·
Memberikan bimbingan untuk menumbuhkan kemampuan intelektual,
teknikal dan interpersonal
· Melakukan ronde keperawatan
· Melakukan post conference
|
· Memperkenalkan diri ke pasien
· Melakukan kontrak dengan klien
·
Melakukan validasi/pengkajian berdasarkan diagnosa
keperawatan
· Melakukan bed side teaching
· Mengikuti post conference
|
Fase
Evaluasi
|
·
Melakukan bimbingan dan observasi tentang kemampuan
interpersonal
·
Menerima laporan hasil asuhan keperawatan dari
peserta didik
·
Memeriksa laporan yang diberikan peserta didik
· Mengevaluasi laporan
· Memberikan feed back kepada peserta didik
|
·
Menyimpulkan hasil yang dicapai selama proses asuhan
keperawatan dengan klien
· Membuat laporan lengkap tentang asuhan
keperawatan yang telah dijalankan
· Menyerahkan laporan kepada pembimbing
·
Menerima hasil evaluasi dan feed back dari
pembimbing
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar