RESUME KOMUNIKASI ORGANISASI
Sistem saluran komunikasi organisasi formal :

· Entitas berkelanjutan yangmampu berada dalam dua keadaan atau lebih.
· Keadaan dimana hubungan antara orang-orang.
· Dalam jabatan (posisi).
· Seseorang dalam jabatan → unit mendasar dalam komunikasi organisasi.

· Komunikasi internal :
ü Vertikal : pimpinan ke staff atau sebaliknya. Downward (dari pimpinan ke staff) ex : pimpinan memberikan perintah/informasi/penjelasan dan lain2.Upward (dari staff ke pimpinan ).ex: laporan,saran kritik,dan lain2
ü Horizontal : mendatar antar anggota staff. Berlangsung tidak formal bisa menimbulkan rumor/gossip.
ü Diagonal : biasa disebut cross comuniccation . komunikasi antara pimpinan seksi/kepala bagian dll.
· Komunikasi Eksternal :
Komunikasi yang berlangsung dari organisasi kepada khalayak umum,bersifat informatif. Menggunakan perantara seperti : majalah, media, surat kabar, brosur, konferensi pers, poster, dll.
Setiap staff , seharusnya :
-
Relation ship oriented Networking : Sinergi, semangat kerja.

-
Servise Forushed Berfikir pada pelayanan.

-
Costumer commited Komitmen pada pelanggan.

-
Forward Thinking Berfikir kedepan.

- Update Ilmu
- Team Driven (Serba Team).
- Fasilitatif (Sebagai Saluran/ pendukung).
- Leader (mampu tampil sebagai pemimpin).
- Faktor efektif komunikasi :
a. Saluran komunikasi formal : Komunikasi efektif sulit dicapai dalam organisasi yang besar dan cabang-cabangnya menyebar.
b. Struktur Organisasi : Perbedaan kekuasaan dan kedudukan.
c. Spesialisasi jabatan : tujuan, waktu, gaya yang sama. Kelompok yang berbeda cenderung terhambat dalam nproses komunikas yang efektif.
d. Pemilikan informasi : Kepala bidang keperawatan , kepala tata usaha, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar