KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
A. PENGERTIAN
Organisasi atau Organization atau bersumber dari kata kerja bahasa Latin Organizare ! to form as or into a whole consisting of interdependent or coordinated parts [membentuk sebagai atau menjadi keseluruhan dari bagian- bagian yang saling bergantung atau terkoordinasi] Evert M.
Rogers dan Rekha Agarwala Rogers dalam bukunya Communications in Organization "a stable system of individuals who work togather to achieve, through a hierarchy of ranks and division of labour, common goals" [Suatu sistem yang mapan dari mereka yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjang kepangkatan dan pembagian tugas] Robert Bonnington dan Berverd E. Needles, Jr. dalam bukunya Modern
Business : A Systems Approach
Organization is the means by which management coordinates material and human resources through the design of a formal structure of tasks and authority [Organisasi adalah sarana dimana manajemen mengkoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur formal dari tugas-tugas dan wewenang]
Ditinjau dari aspek Business, organisasi adalah sarana manajemen [ditinjau dari aspek kegiatannya, bukan struktur].
" Tujuan organisasi TIDAK MUNGKIN tercapai tanpa manajemen.
" Manajemen TIDAK MUNGKIN ada tanpa organisasi. Manajemen ada, jika ada tujuan yang akan dicapai atau diselesaikan.
Korelasi antara Ilmu Komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokus kepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.
" Bentuk komunikasi apa yang terjadi
" Metode dan teknik apa yang dipakai
" Media apa yang dipakai
" Bagaimana prosesnya, dan faktor apa saja penghambatnya
Tujuan utama dalam mempelajari komunikasi adalah memperbaiki organisasi. Memperbaiki organisasi biasanya ditafsirkan sebagai “memperbaiki hal-hal untuk mencapai tujuan manajemen”. Dengan kata lain, orang mempelajari komunikasi organisasi organisasi untuk menjadi menajer yang lebih baik. Sebagian penulis berpendapat bahwa manajemen adalah komunikasi. Seringkali teori tradisional dan petunjuk mengenai organisasi dan komunikasi organisasi ditulis dari suatu perspektif manajerial dan sangat menekankan suatu pandangan obyektif.
Karenanya, saya memandang studi komunikasi organisasi sebagai landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangan sumber daya manusia, dan komunikasi perusahaan, dan tugas-tugas lain yang berorientasikan manusia dalam organisasi.
B. DEFINISI FUNGSIONAL KOMUNIKASI ORGANISASI
Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Garis yang putus- putus melukiskan gagasan bahwa hubungan-hubungan ditentukan secara alami; hubungan- hubungan itu juga menunjukkan bahwa struktur suatu organisasi bersifat luwes dan mungkin berubah sebagai respons terhadap kekuatan-kekuatan lingkungan yang internal dan eksternal.
Komunikasi organisasi terjadi kapan pun, setidak-tidaknya satu orang yang menduduki suatu jabatan dalam suatu organisasi menafsirkan suatu pertunjukkan. Karena fokusnya adalah komunikasi di antara anggota-anggota suatu organisasi. Analisi komunikasi organisasi menyangkut penelaahan atas banyak transaksi yang terjadi secara simultan.
C. UNIT KOMUNIKASI
Suatu sistem didefinisikan oleh Pool [1973] sebagai “setiap entitas berkelanjutan yang mampu berada dalam dua keadaan atau lebih” . Dalam suatu sistem komunikasi, keadaan itu adalah hubungan antara orang-orang. Dalam suatu sistem komunikasi organisasi keadaan tsb adalah hubungan antara orang-orang dalam jabatan-jabatan [posisi-posisi] . Unit mendasar komunikasi organisasi adalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan, menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saat yang sama jabatan tsb dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambar yang sesuai dengan keadaan orang tsb.
Bila kita melihat apa yang terjadi ketika seseorang terlibat dalam komunikasi, kita menemukan bahwa terdapat dua bentuk umum tindakan yang terjadi :
1. Penciptaan pesan atau, lebih tepatnya, penciptaan pertunjukkan [to display menurut Random House Dictionary of The English Language 1987 : anda membawa sesuatu untuk diperhatikan seseorang atau orang lain; menyebarkan seseuatu sehingga sesuatu tsb dapat terlihat secara lengkap dan menyenangkan] .
2. Penafsiran pesan atau penafsiran pertunjukkan [to intepret : menguraikan atau memahami sesuatu dengan suatu cara tertentu].
D. PROSES KOMUNIKASI ORGANISASI
1. KOMUNIKASI INTERNAL
Pertukaran gagasan di antara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yang khas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan berjalan [operasi dan manajemen]
Dua dimensi komunikasi internal :
a. KOMUNIKASI VERTIKAL ! Komunikasi dari pimpinan ke staff, dan dari staf ke pimpinan dengan cara timbal balik [two way traffic communication].
" Downward Communication ! komunikasi atas ke bawah. Contoh pimpinan memberikan instruksi, petunjuk, informasi, penjelasan, perintah, pengumuman, rapat, majalah intern.
" Upward communication ! dari bawah ke atas. Contoh staf memberikan laporan, saran-saran, pengaduan, kritikan, kotak saran, dsb kepada pimpinan.
Hambatannya adalah apabila saluran komunikasi dalam organisasi tidak berjalan atau digunakan sebagaimana mestinya, karena hal ini berpengaruh terhadap operasional organisasi [perusahaan].
Organisasi terdiri atas sejumlah orang; melibatkan keadaan saling bergantung; kebergantungan memerlukan koordinasi; koordinasi mensyaratkan komunikasi. Interkasi antara pimpinan organisasi [top manajer dengan middle manager] dengan audience di luar organisasi.
Manajer = pemimpin organisasi [swasta, BUMN atau pemerintah] peranannya dapat berpengaruh terhadap internal public [karyawan] dan external public [di luar organisasi, tetapi ada pengaruhnya]
1) Peranan Antarpersona [Interpersonal Role]
" Peranan Tokoh [figurhead role]
" Peranan Pemimpin [leader role]
" Peranan Penghubung [liaison role]
2) Peranan Informasional [Informational Role]
" Peranan Monitor [monitor role]
" Peranan Penyebar [disseminator role]
" Peranan Jurubicara [spokesman role]
3) Peranan Memutuskan [Decisional Role]
" Peranan Wiraswasta [enterpreneur role]
" Peranan Pengendali Gangguan [distrurbance handler role]
" Peranan Penentu Sumber [resource allocator role]
" Peranan Perunding [negotiator role]
MODEL PROSES KOMUNIKASI ANTAR-PRIBADI
JOHARI'S WINDOW
I OPEN AREA Known by ourselves and known by others | II BLIND AREA (blindspot) Known by other, not known by ourselves |
III HIDDEN AREA (Tedeng aling-aling /façade) Known by ourselves but not known by other | IV (tidak diketahui) Not known by ourselves and not known by other |
Diketahui disri sendiri tidak diketahui diri sendiri
Prof . Harry Ingham and Joseph Luft ., Of Human Interaction, National Press Books, Palo Alto California, 1969.
2. KOMUNIKASI HORISONTAL = komunikasi mendatar, antara anggota staf.
dengan anggota staf. Berlangsung tidak formal, lain dengan komunikasi vertikal yang formal. Komunikasi terjadi tidak dalam suasana kerja ! employee relation dan sering timbul rumours, grapevine, gossip.
3. KOMUNIKASI DIAGONAL [CROSS COMMUNICATION]
Komunikasi antara pimpinan seksi/bagian dengan pegawai seksi/bagian lain.
a. KOMUNIKASI EKSTERNAL
Komunikasi antara pimpinan organisasi [perusahaan] dengan khalayak audience di luar organisasi.
" Komunikasi dari organisasi kepada khalayak ! bersifat informatif Majalah, Press release/ media release, Artikel surat kabar atau majalah, Pidato, Brosur, Poster, Konferensi pers, dll
" Komunikasi dari khalayak kepada organisasi
Komunikasi Kolaboratif dalam Organisasi Bisnis
To meet the challenge in the workplace today requires.
Setiap staf pada bagian manapun seharusnya :
1) Relationship Oriented ! Networking ! sinergi
2) Service Focused ! berpikir pada pelayanan
3) Customer Commited ! mempunyai komitmen pd pelanggan
4) Facilitative [media saluran/pendukung]
5) Forward Thinking ! berpikir kedepan
6) Value Added [nilai tambah ! selalu berusaha mengupdate kemampuan komunikasi]
7) Team Driven [serba tim] and leaders [mampu tampil sebagai pemimpin]
E. HAMBATAN KOMUNIKASI
1. Hambatan Teknis
Keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi. Dari sisi teknologi, semakin berkurang dengan adanya temuan baru dibidang kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, sehingga saluran komunikasi dapat diandalkan dan efesien sebagai media komunikasi. Menurut Cruden dan Sherman dalam bukunya Personel Management, 1976, jenis hambatan teknis dari komunikasi :
1. Tidak adanya rencana atau prosedur kerja yang jelas
2. Kurangnya informasi atau penjelasan
3. Kurangnya ketrampilan membaca
4. Pemilihan media [saluran] yang kurang tepat.
2. Hambatan Semantik
Gangguan semantic menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara secara efektif. Definisi semantik sebagai studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa.
Kata-kata membantu proses pertukaran timbal balik arti dan pengertian [komunikator dan komunikan], tetapi seringkali proses penafsirannya keliru. TIDAK ADANYA hubungan antara Simbol [kata] dan apa yang disimbolkan[arti atau penafsiran], dapat mengakibatkan kata yang dipakai ditafsirkan sangat berbeda dari apa yang dimaksudkan sebenarnya.
Untuk menghindari mis komunikasi semacam ini, seorang komunikator HARUS memilih kata-kata yang tepat sesuai dengan karakteristik komunikannya, dan melihat kemungkinan penafsiran terhadap kata-kata yang dipakainya.
3. Hambatan Manusiawi
Terjadi karena adanya faktor, emosi dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan alat-alat pancaindera seseorang, dll.
Menurut Cruden dan Sherman :
a. Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia.
Perbedaan persepsi, perbedaan umur, perbedaan keadaan emosi, ketrampilan mendengarkan, perbedaan status, pencairan informasi, penyaringan informasi.
b. Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi.
Suasana iklim kerja dapat mempengaruhi sikap dan perilaku staf dan efektifitas komunikasi organisasi.
Referensi :
1. Pace R. Wayne and Faules, Don F, Komunikasi Organisasi, ROSDA, Bandung 2000
2. Uchjana Effendi, Onong., Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung 1992
3. Jiwanto, Gunawan., Komunikasi dalam Organisasi, Pusat Pengembangan Manajemen & Andi Offset, Yogyakrta 1985
KOMUNIKASI ORGANISASI
A. Pengertian
Komunikasi Organisasi adalah penafsiran pesan diantara unit – unit komunikasi yang merupakan bagian dari organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hirarki antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Unit komunikasi adalah dalam sistem komunikasi keadaan tersebut adalah hubungan antara orang – orang dalam jabatan-jabatan (posisi-posisi). Unit mendasar komunikasi organisasi adalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan, menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saat yang sama jabatan itu dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambar yang sesuai dengan keadaan orang tersebut.
Posisi dalam jabatan menentukan komunikasi dalam jabatan-jabatan.Komunikasi timbul apabila satu orang menciptakan pesan lalu yang lain menafsirkan, menjadi sebuah pertunjukan dan menciptakan pesan baru.
Proses Komunikasi Organisasi : Terdiri dari komunikasi internal dan komunikasi eksternal.
1) Komunikasi internal terdiri dari 3 dimensi :
1. Komunikasi vertikal : ada hubungan timbal balik antara pimpinan dan staff maupun sebaliknya. (Two Way Traffic Communication).Bersifat Formal.
a. Downward Communication : komunikasi atas ke bawah. Contohnya : pimpinan memberikan instruksi,petunjuk,informasi,penjelasan,perintah,pengumuman,rapat.
b. Upward Communication : komunikasi bawah ke atas. Contohnya : staf memberikan laporan,saran,pengaduan,kritikan.
2. Komunikasi Horisontal : komunikasi mendatar,komunikasi terjadi tidak dalam suasana kerja. Bersifat tidak formal : Employee relation dan sering timbul rumours (pembicaraan yang lebih banyak faktanya), grapevine (komunikasi acak-acakan),gossip.
3. Komunikasi Diagonal (Cross Comunication) : komunikasi antara pimpinan seksi atau bagian lain dengan pegawai seksi atau bagian lain.
2) Komunikasi Eksternal : komunikasi dari organisasi kepada khalayak yang bersifat informatif. Wujudnya berupa majalah,press release atau media release,artikel,surat kabar atau majalah,pidato,brosur,poster.
B. Komunikasi Kolaboratif Dalam Organisasi Bisnis
Setiap staff pada bagian manapun seharusnya :
1. Relationship Oriented : Networking, sinergi
2. Service Focused : berpikir pada pelayanan
3. Customer Commited : mempunyai komitmen pada pelanggan
4. Facilitative (media saluran atau pendukung)
5. Forward Thinking : berpikir kedepan
6. Value Added (nilai tambah : selalu berusaha mengupdate kemampuan komunikasi)
7. Team Driven (serba tim) and leaders (mampu tampil sebagai pemimpin)
C. Faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi dalam organisasi :
1. Saluran komunikasi formal (SKF)
SKF mempengaruhi efektifitas komunikasi dengan 2 cara :
a. Liputan saluran Formal makin melebar sesuai dg tumbang organisasi.
Cth : Komunikasi efektif sulit dicapai dalam organisasi yg besar dan cabang-cabangnya menyebar.
b. SKF dapat menghambat aliran informasi antar tingkat organisasi.
Cth : Penyampaian informasi dari tingkat bawah dapat disampaikan pada petugas diatasnya, tidak selalu langsung pada manager atau direktur.
2. Struktur organisasi
Perbedaan kekuasaan dan kedudukan (status) dalam organisasi akan menentukan pihak-pihak yang berkomunikasi dengan seseorang serta isi & ketepatan komunikasi
3. Spesialisasi jabatan
a. Para anggota suatu kelompok kerja yang sama akan cenderung berkomunikasi dengan istilah, tujuan, waktu dan gaya yang sama
b. Komunikasi antar kelompok yang berbeda cenderung terhambat
4. Pemilikan informasi
Individu yang mempunyai informasi khusus dan pengetahuan tentang pekerjaan mereka
Cth : Kepala bidang perawatan, kepala tata usaha
D. Komunikasi dalam Tim
Untuk mendorong terjadinya komunikasi, pemimpin tim harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut :
1. Seluruh anggota tim harus bebas mengemukakan dan menjelaskan pandangan-pandangan mereka dan harus didorong bertindak seperti itu.
2. Pesan baik lisan maupun tertulis harus jelas, bahasa mudah dimengerti
3. Komunikasi dapat berjalan bila antara komunikator dan komunikan terjadi hubungan yg baik
4. Perbedaan pendapat harus diarahkan pada hal yang konstruktif
KOMUNIKASI ORGANISASI
A. Pengertian
Komunikasi Organisasi adalah penafsiran pesan diantara unit – unit komunikasi yang merupakan bagian dari organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hirarki antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Unit komunikasi adalah dalam sistem komunikasi keadaan tersebut adalah hubungan antara orang – orang dalam jabatan-jabatan (posisi-posisi). Unit mendasar komunikasi organisasi adalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan, menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saat yang sama jabatan itu dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambar yang sesuai dengan keadaan orang tersebut.
Posisi dalam jabatan menentukan komunikasi dalam jabatan-jabatan.Komunikasi timbul apabila satu orang menciptakan pesan lalu yang lain menafsirkan, menjadi sebuah pertunjukan dan menciptakan pesan baru.
Proses Komunikasi Organisasi : Terdiri dari komunikasi internal dan komunikasi eksternal.
1) Komunikasi internal terdiri dari 3 dimensi :
1. Komunikasi vertikal : ada hubungan timbal balik antara pimpinan dan staff maupun sebaliknya. (Two Way Traffic Communication).Bersifat Formal.
a. Downward Communication : komunikasi atas ke bawah. Contohnya : pimpinan memberikan instruksi,petunjuk,informasi,penjelasan,perintah,pengumuman,rapat.
b. Upward Communication : komunikasi bawah ke atas. Contohnya : staf memberikan laporan,saran,pengaduan,kritikan.
2. Komunikasi Horisontal : komunikasi mendatar,komunikasi terjadi tidak dalam suasana kerja. Bersifat tidak formal : Employee relation dan sering timbul rumours (pembicaraan yang lebih banyak faktanya), grapevine (komunikasi acak-acakan),gossip.
3. Komunikasi Diagonal (Cross Comunication) : komunikasi antara pimpinan seksi atau bagian lain dengan pegawai seksi atau bagian lain.
2) Komunikasi Eksternal : komunikasi dari organisasi kepada khalayak yang bersifat informatif. Wujudnya berupa majalah,press release atau media release,artikel,surat kabar atau majalah,pidato,brosur,poster.
B. Komunikasi Kolaboratif Dalam Organisasi Bisnis
Setiap staff pada bagian manapun seharusnya :
1. Relationship Oriented : Networking, sinergi
2. Service Focused : berpikir pada pelayanan
3. Customer Commited : mempunyai komitmen pada pelanggan
4. Facilitative (media saluran atau pendukung)
5. Forward Thinking : berpikir kedepan
6. Value Added (nilai tambah : selalu berusaha mengupdate kemampuan komunikasi)
7. Team Driven (serba tim) and leaders (mampu tampil sebagai pemimpin)
C. Faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi dalam organisasi :
1. Saluran komunikasi formal (SKF)
SKF mempengaruhi efektifitas komunikasi dengan 2 cara :
a. Liputan saluran Formal makin melebar sesuai dg tumbang organisasi.
Cth : Komunikasi efektif sulit dicapai dalam organisasi yg besar dan cabang-cabangnya menyebar.
b. SKF dapat menghambat aliran informasi antar tingkat organisasi.
Cth : Penyampaian informasi dari tingkat bawah dapat disampaikan pada petugas diatasnya, tidak selalu langsung pada manager atau direktur.
2. Struktur organisasi
Perbedaan kekuasaan dan kedudukan (status) dalam organisasi akan menentukan pihak-pihak yang berkomunikasi dengan seseorang serta isi & ketepatan komunikasi
3. Spesialisasi jabatan
a. Para anggota suatu kelompok kerja yang sama akan cenderung berkomunikasi dengan istilah, tujuan, waktu dan gaya yang sama
b. Komunikasi antar kelompok yang berbeda cenderung terhambat
4. Pemilikan informasi
Individu yang mempunyai informasi khusus dan pengetahuan tentang pekerjaan mereka
Cth : Kepala bidang perawatan, kepala tata usaha
D. Komunikasi dalam Tim
Untuk mendorong terjadinya komunikasi, pemimpin tim harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut :
1. Seluruh anggota tim harus bebas mengemukakan dan menjelaskan pandangan-pandangan mereka dan harus didorong bertindak seperti itu.
2. Pesan baik lisan maupun tertulis harus jelas, bahasa mudah dimengerti
3. Komunikasi dapat berjalan bila antara komunikator dan komunikan terjadi hubungan yg baik
4. Perbedaan pendapat harus diarahkan pada hal yang konstruktif
KOMUNIKASI ORGANISASI
Definisi Fungsional Komunikasi Organisasi
v Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu.
v Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan
v Unit mendasar komunikasi organisasi adalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan, menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saat yang sama jabatan tsb dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambar yang sesuai dengan keadaan orang tsb.
Proses Komunikasi Organisasi
v Komunikasi Internal
Tiga Dimensi komunikasi internal :
ú Komunikasi Vertikal adalah Komunikasi dari pimpinan ke staff, dan dari staf ke pimpinan dengan cara timbal balik [two way traffic communication].
Downward Communication komunikasi atas ke bawah. Contoh pimpinan memberikan instruksi, petunjuk, informasi, penjelasan, perintah, pengumuman, rapat, majalah intern.
Upward communication dari bawah ke atas. Contoh staf memberikan laporan, saran-saran, pengaduan, kritikan, kotak saran, dsb kepada pimpinan.
ú Komunikasi Horizontal
Komunikasi mendatar, antara anggota staf dengan anggota staf. Berlangsung tidak formal, lain dengan komunikasi vertikal yang formal.
ú Komunikasi Diagonal (Cross Comunication)
Komunikasi antara pimpinan seksi/bagian dengan pegawai seksi/bagian lain.
v Komunikasi Eksternal
Komunikasi dari organisasi kepada khalayak, bersifat informative.
ü Majalah, Press release/ media release, Artikel surat kabar atau majalah, Pidato, Brosur, Poster, Konferensi pers, dll
Komunikasi Kolaboratif dalam Organisasi Bisnis
ü To meet the challenge in the workplace today requires.
Setiap staf pada bagian manapun seharusnya :
§ Relationship Oriented ! Networking ! sinergi
§ Service Focused (berpikir pada pelayanan )
§ Customer Commited (mempunyai komitmen pd pelanggan )
§ Facilitative [media saluran/pendukung]
§ Forward Thinking (berpikir kedepan )
§ Value Added [nilai tambah selalu berusaha mengupdate kemampuan komunikasi]
§ Team Driven [serba tim] and leaders [mampu tampil sebagai pemimpin]
Efektivitas komunikasi dlm organisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor :
- Saluran komunikasi formal
SKF mempengaruhi efektifitas komunikasi dg 2 cara :
Ø Liputan sal. Formal makin melebar sesuai dengan tumbang organisasi
Contoh: Komunikasi efektif sulit dicapai dalam organisasi yang besar dan cabang-cabangnya menyebar.
Ø SKF dapat menghambat aliran informasi antar tingkat organisasi
Contoh: Penyampaian informasi dari tingkat bawah dapat disampaikan pada petugas diatasnya, tidak selalu langsung pada manager/direktur
- Struktur organisasi
Perbedaan kekuasaan dan kedudukan (status) dalam organisasi akan menentukan pihak-pihak yang berkomunikasi dengan seseorang serta isi & ketepatan komunikasi.
- Spesialisasi jabatan
Para anggota suatu kelompok kerja yang sama akan cenderung berkomunikasi dg istilah, tujuan, waktu dan gaya yang sama
Komunikasi antar kelompok yang berbeda cenderung terhambat
- Pemilikan informasi
Individu yang mempunyai informasi khusus dan pengetahuan tentang pekerjaan mereka.
Contoh: Kepala bidang perawatan, kepala tata usaha
Komunikasi Dalam Tim
Untuk mendorong terjadinya komunikasi, pemimpin tim harus memperhatikan prinsip2 berikut :
- Seluruh anggota tim harus bebas mengemukakan dan menjelaskan pandangan-pandangan mereka dan harus disorong bertindak seperti itu.
- Pesan baik lisan/tertulis harus jelas, bahasa mudah dimengerti
- Komunikasi dapat berjalan bila antara komunikator dan komunikan terjadi hubungan yg baik
- Perbedaan pendapat harus diarahkan pada hal yang konstruktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar